WAJAH PASIEN ODGJ SUMRINGAH DIPULANGKAN KE KELUARGA

  • Humas
  • Senin, 5 Februari 2024

Direktur RSJ Tampan H. Zainal Arifin, SKM.,M.Kes terlihat haru melihat wajah-wajah sumringah para pasien ODGJ yang hari ini dipulangkan ke keluarganya. Moment pelepasan pasien ODGJ tersebut cukup singkat di lobby IGD RSJ Tampan Senin 5 Februari 2024, ada enam pasien yang berdomisili di wilayah pekanbaru hari ini kita antar ke keluarganya, dilanjutkan besok sebanyak 18 pasien, masih di wilayah pekanbaru. Ujar Direktur RSJ Tampan.
Ditambahkan oleh Zainal Arifin, selama ini ODGJ tersebut tidak memiliki identitas, namun setelah didata melalui pindai retina oleh Disdukcapil Pemerintah Kota Pekanbaru, akhirnya ditemukan NIK para pasien. Pasien yang kita pulangkan adalah pasien yang sudah mendapat perawatan jiwa dan dinyatakan sudah membaik oleh Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) dalam hal ini Dokter Spesialis Kejiwaan (Psikiater). Dintaranya gejala halusinasi sudah menurun, tidak gelisah dan pasien dapat merawat dirinya sendiri.
Direktur RSJ Tampan melihat satu persatu pasien ODGJ yang akan dipulangkan, sembari mengajak mereka berbincang ringan. kalian senang pulang kerumah? Senang sekali pak, kami sudah rindu rumah kata mereka sambil tertawa. Jangan lupa minum obatnya ya, dan tetap rajin kontrol kesini, saya doakan kalian makin sehat semua, Kata Zainal Arifin dan dijawab serempak oleh mereka..aamiinn.
Pasien yang sudah diserahkan ke keluarganya tetap kita pantau dan monitor, komunikasi yang terjalin antara RSJ Tampan dan keluarga pasien harus tetap dijaga. Kami berharap keluarga pasien ODGJ dapat menerima kepulangan mereka dengan lapang hati, karena peran keluarga merupakan hal yang paling penting dalam pemulihan kejiwaan pasien ODGJ tersebut, tutup Zainal Arifin
Turut hadir dalam pelepasan pemulang pasien ODGJ ini diantaranya, Wakil Direktur Bidang Medik dan Keperawatan , Kepala Bidang Keperawatan , Kepala Bagian Umum dan Tenaga Kesehatan. (Humas)

KONTAK PENGADUAN : (0761) 63240 / 0811 7066 333