RSJ TAMPAN BERBENAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN

  • Humas
  • Senin, 1 September 2025

RSJ TAMPAN BERBENAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN
Pekanbaru,
Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Provinsi Riau terus melakukan langkah nyata dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan jiwa kepada masyarakat. Sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan pelayanan publik yang lebih baik, RSJ Tampan melakukan serangkaian pembenahan di berbagai aspek, baik dari sisi tata kelola, sumber daya manusia, maupun sarana prasarana.
Direktur RSJ Tampan Provinsi Riau dr. Prima Wulandari, M.K.M menyatakan bahwa pihak rumah sakit telah menegaskan komitmennya dengan langkah-langkah nyata, antara lain,
1. Peningkatan Kapasitas SDM
In house training keperawatan jiwa
Pelaksanaan in-house training keperawatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap profesional perawat dalam memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas dan sesuai dengan standar pelayanan keperawatan (SPO) dan rincian kewenangan klinis. Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh perawat mampu memahami secara komprehensif proses asuhan keperawatan mulai dari pengkajian, penetapan diagnosa keperawatan, perencanaan intervensi, implementasi, hingga evaluasi. Disamping itu juga telah dilaksanakan In House Training Bantuan Hidup Dasar dan Program Pencegahan Infeksi (PPI) kepada seluruh tenaga Kesehatan dan staf administrasi RSJ Tampan.

2. Penguatan Mekanisme Pengaduan
RSJ Tampan kini menyediakan berbagai kanal pengaduan, seperti kotak saran, hotline SAPA , dan email resmi yang dipantau secara rutin untuk memastikan setiap pengaduan ditindaklanjuti dengan cepat dan transparan.

3. Upaya Perbaikan Fasilitas Sarana dan Prasarana
RSJ Tampan terus berupaya melakukan perbaikan sejumlah fasilitas Kesehatan yang ada di rumah sakit, perbaikan ini dilakukan bertahap sesuai anggaran yang tersedia, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat saat berkunjung ke RSJ Tampan.

4. Monitoring dan Evaluasi
Penguatan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tindak lanjut sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing tim agar dapat berjalan secara konsisten dan berkelanjutan.
“RSJ Tampan akan untuk terus berbenah, memperbaiki kekurangan yang ada, serta memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang semakin baik, ramah, dan profesional bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Direktur RSJ Tampan Provinsi Riau,” ujar dr Prima Wulandari, M.K.M
Dengan langkah-langkah tersebut, RSJ Tampan berharap ke depan dapat semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan , serta menjadikan rumah sakit ini sebagai pusat pelayanan kesehatan jiwa dan non jiwa yang profesional, humanis, dan berintegritas di Provinsi Riau.

KONTAK PENGADUAN : (0761) 63240 / 0811 7066 333