KETUA TP PKK RIAU SEMANGATI PASIEN RSJ TAMPAN

  • Humas
  • Senin, 12 Februari 2024

Ketua TP PKK Provinsi Riau Suti Mulyati Edy, S.Ked beserta rombongan mengunjungi Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau dan disambut langsung oleh Direktur RSJ Tampan H. Zainal Arifin, SKM.,M.Kes beserta jajarannya Senin 12 Februari 2024. Kegiatan dimulai dengan berbincang singkat di Lounge IGD RSJ Tampan yang kemudian dilanjutkan meninjau langsung ke ruang rawat inap pasien, Instalasi Rehab Psikososial, dan Instalasi Napza.
Saat meninjau langsung ke ruang rawat pasien di Mandau 2, pasien ODGJ sedang melakukan aktifitas kelompok (senam pagi) Suti Mulyati Edy tampak berinteraksi hangat dengan para pasien ODGJ sambil mendengarkan mereka bercerita, di sela- sela cerita Ketua TP PKK memberikan semangat dan saran untuk tetap rajin beribadah.
Di Mandau 1 ( ruangan yang diperuntukkan untuk pasien jiwa dengan penyakit penyerta) Suti Mulyati Edy dan rombongan menghibur pasien yang kebetulan sedang mendapatkan perawatan luka selulitis dari perawat , sambil bernyayi tembang lawas, suasana pun berlangung meriah karena pasien tersebut ikut bernyanyi dengan semangat.
Acara kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Instalasi Rehab Psikososial, disini Suti Mulyati Edy disambut oleh para pasien rehab Psikososial, dalam sambutannya beliau menjelaskan kesehatan jiwa merupakan salah satu dari sepuluh Program PKK. PKK merupakan mitra pemerintah tentulah mempunyai peran yang luar biasa, permasalahan kesehatan jiwa bukan saja menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah tetapi melalui PKK bisa memberikan informasi kepada Masyarakat tentang penyebab gangguan jiwa.
Ketua TP PKK berpesan kepada pasien rehabilitasi psikososial, “bapak/ibu yang ada di instalasi Rehap Psikososial ini sudah mulai sembuh saya berharap bisa kembali ke keluarga masing-masing, beraktifitas seperti sedia kala dan hidup berdampingan di dalam Masyarakat dengan percaya diri. Selama di rehabilitasi disini bapak-bapak dan ibu-ibu benyak mendapatkan bekal ilmu yang akan sangat bermanfaat, seperti bercocok tanam, menjahit, kerajinan tangan ini dapat dikembangkan lagi Ketika sudah pulang nantinya.
Pada kesempatan itu Ketua TP PKK dan rombongan juga memberikan ungkapan kasih berupa bingkisan yang terdiri dari kain sarung, biscuit, jilbab dan sajadah
Direktur RSJ Tampan menyampaikan, kami sangat senang atas kunjungan dari ibu Ketua TP PKK beserta rombongan yang telah memberikan motivasi kepada kami, Seluruh civitas hospitalia RSJ Tampan sesuai dengan semboyannya “melayani dengan sepenuh hati” telah mengabdi memberikan pelayanan terbaik untuk kesehatan jiwa pasien. Kami tetap berbenah untuk RSJ Tampan yang lebih baik, di tahun ini kita memperoleh Dana Alokasi Khusus dari Kementrian Kesehatan untuk pembangunan gedung rehabilitasi sosial, mudah-mudahan ruangan lain juga dapat segera kita benah, urai Zainal Arifin.
Kegiatan ditutup dengan kunjungan ke instalasi Napza untuk melihat langsung pasien-pasien yang sedang direhabilitasi dari ketergantungan Narkotika dan zat adiktif lainnya. Tidak lupa Suti Mulyati Edy tetap memberikan motivasi dan semangat kepada pasien untuk keluar dari jerat narkoba dan kembali tata masa depan yang cerah.
“dari rangkaian kegiatan hari ini dan melihat langsung pasien mulai dari ruang rawat inap, rehap psikososial dan rehap Napza, dalam penanganan pasien Rumah Sakit Jiwa Tampan sudah bagus. Saya sudah berkunjung ke beberapa Rumah sakit Jiwa di Pulau Jawa, RSJ Tampan tidak kalah bagus tutup Suti Mulyati Edy. (Humas)

KONTAK PENGADUAN : (0761) 63240 / 0811 7066 333