Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia & Hari Lahirnya Bapak Pelopor Psikiatri Indonesia

10 Oktober merupakan hari yang penting bagi insan kesehatan sedunia, dimana dunia ikut memperingatinya. Tema yang digunakan tahun 2018 adalah Kesehatan Jiwa Pekerja. Peringatan HKJS merupakan momentum kampanye dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa diseluruh pelosok tanah air yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian seluruh komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Jiwa.

 Hari ini, Rabu (03/10/2018) Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau mengadakan acara memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia sekaligus Memperingati Hari Lahirnya Bapak Pelopor Psikiatri Indonesia Prof. DR. dr. R. Kusumanto Setyonegoro, SpKJ(K). Beliau melakukan pengembangan psikiatri, cabang ilmu kedokteran tentang aspek kesehatan jiwa beserta kebijakan pemerintah terkait di bidang tersebut, yang dinilai jalan di tempat. Biografi Bapak Psikiatri Indonesia Prof. DR. dr. R. Kusumanto Setyonegoro (03 Oktober 1924 – 27 September 2008) dituangkan dalam sebuah buku yang ditulis oleh Dr. Denny Thong, SpKJ dengan judul Memanusiakan Manusia Menata Jiwa Membangun Bangsa.

Acara dimulai dengan pemberian kata sambutan dari Psikiater Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau dr. Andriza, SpKJ dan juga dr. Haznelli Juita, MM selaku Direktur Rumah Sakit Jiwa Tampan. Dalam acara tersebut juga dipaparkan biografi dari Bapak  Pelopor Psikiatri Indonesia, sehingga undangan dapat mengenal beliau lebih dekat.

Puncak acara di lalui dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur didampingi Wadir Umum dan Keuangan, psikiater dan tamu undangan dari mercy Pekanbaru yang turut memeriahkan acara peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dan Hari Lahirnya Bapak Pelopor Psikiatri Indonesia.

 

Post Author: RSJ Tampan

Tinggalkan Balasan