Bimbingan Teknis SISMADAK di Lingkungan Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau

Pada hari selasa, tanggal 09 oktober 2018 Rumah Sakit Jiwa Tampan provinsi Riau mengadakan Bimbingan Teknis SISMADAK dalam rangka persiapan menghadapi Akreditasi Sesuai dengan Standar Nasional Edisi I (SNARS edisi I). Bimbingan teknis SISMADAK di Rumah Sakit Jiwa Tampan dibuka oleh Direktur dr. Haznelli Juita, MM dengan narasumber didatangkan langsung dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Ibu Sri Hartini G, ST.

Bimbingan yang diadakan di aula gedung UPIP Rumah Sakit Jiwa Tampan ditujukan kepada seluruh tim pokja akreditasi yang sudah ditetapkan melalui SK Direktur. Masing-masing pokja yang hadir difasilitasi dengan PC agar dapat langsung mempraktekkan system aplikasi SISMADAK.

Aplikasi SISMADAK atau Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi merupakan aplikasi alat bantu yang diperuntukkan bagi Rumah Sakit yang mengikuti program Akreditasi yang diselenggarakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). SISMADAK berguna bagi RS dalam persiapan akreditasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mencari kembali dokumen bukti yang berhubungan dengan akreditasi.

Adpun fitur dalam SISMADAK yaitu:

  • Dapat melakukan penyimpanan dokumen berdasarkan Elemen Penilaian (EP), sehingga dokumen tidak berceceran.
  • Aplikasi SISMADAK dapat diakses di setiap peralatan peralatan Komputer, Tablet dan Smartphone lainnya. 
  • Tersedia pengaturan hak akses berdasarkan Pokja 
  • Histori dokumen akan tersimpan selamanya dalam sistem, sehingga dapat ditelusuri kembali. 
  • Tersedia Dashboard berupa indikator penilaian Self‐Assessment
  • Dapat melakukan sinfkronisasi penilaian Self‐Assessment yang sudah diisi dengan cara mendownload template yang tersedia untuk diupload ke Aplikasi SIKARS.

Keuntungan SISMADAK bagi rumah sakit :

Sebagai Sebagai media penyimpanan penyimpanan data dalam bentuk digital, sehingga: 

  • Menghemat tempat  penyimpanan dokumen – Biaya kertas
  • Menghemat waktu karena kemudahan pencarian pencarian data kembali. 
  • Menghemat waktu Staff RS untuk melakukan melakukan pencarian dokumen yang diminta dan disajikan kepada Surveior pada saat akreditasi.

    Dengan adanya bimbingan SISMADAK ini, diharapkan seluruh anggota pokja memahami dan mampu mengaplikasikan system SISMADAK sehingga Rumah Sakit Jiwa Tampan siap dalam menghadapi Akreditasi SNARS Edisi I tahun  2019.

Post Author: RSJ Tampan

Tinggalkan Balasan